Kemenag Sumsel Pantau Layanan Biro Perjalanan Haji

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan terus memantau pelayanan seluruh biro perjalanan haji dan umroh di daerah itu. Pemantauan dilakukan sehubungan sering terlantarnya jamaah yang akan menunaikan ibadah haji khusus dan umroh.

Kasubag Humas Kanwil Kementerian Agama Sumsel Saefudin kepada wartawan di Palembang, Senin (25/3) mengatakan pihaknya memperketat pemantauan karena sering terjadi jamaah yang menerima pelayananan berumroh tidak maskimal.

Bahkan, di beberapa daerah di luar Sumsel banyak calon jamaah yang akan berumroh terlantar dan itu tidak boleh terjadi di daerah ini, katanya.

Oleh karena itu pihaknya terus memantau perkembangan pelayanan pemberangkatan haji khusus dan umroh tersebut supaya jamaah di daerah ini tidak telantar.

Selain itu, upaya yang dilakukan bagi masyarakat yang ingin menunaikan rukun Islam kelima melalui jalur khusus atau bukan reguler yang dilaksanakan pemerintah termasuk umroh dapat melapor ke Kanwil Kementerian Agama Sumsel.

Bila ada laporan untuk menunaikan ibadah tersebut pihaknya akan memberikan pelayanan dengan menunjukkan biro perjalanan yang resmi.

Saefuddin mengakui, di Sumsel tidak semua biro perjalanan haji dan umroh sudah berizin sehingga masyarakat perlu berhati-hati agar tidak tertipu.

Dalam mengantisipasi pelayanan ibadah haji dan umroh agar tidak ada penipuan, Kementerian Agama Pusat telah melakukan kerja sama dengan Kapolri.

Leave a Reply